Mahasiswa Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) kembali mengukir prestasi di kancah kompetisi tingkat nasional. Lagi-lagi Ahmad Agung Ahkam, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2007, meraih medali emas dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bagi perguruan tinggi (ON MIPA-PT). Olimpiade Nasional On MIPA-PT berlangsung di Jakarta, Rabu-Jumat (28-30/4).

Kegembiraan itu ditunjukan oleh Ahmad saat namanya disebut-sebut sebagai peraih juara pertama Olimpiade Nasional On MIPA-PT oleh Koordinator Tim Juri ONMIPA-PT 2010, Ahmad Muchlis, PhD. Penganugrahan medali dilakukan langsung oleh Dirjen DIKTI, Fasli Jalal pada Malam Penutupan Olimpiade Nasional On MIPA-PT di Auditorium DIKTI, Jumat (30/4).
"Perasaan saya jelas senang bukan kepalang. Karena tadinya saya sudah ikhlas jika tidak dapat juara,"Diakuinya, kemenangan ini juga karena dukungan dari pihak kampus IT Telkom dan beberapa dosen yang telah melatihnya hingga dapat mencapai prestasi gemilang.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak pada ibu Utari, dosen saya di IT Telkom. Kalau bukan karena dukungannya belum tentu saya berada di posisi sekarang,"

Olimpiade Nasional On MIPA-PT telah dirintis oleh Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DIKTI) sejak tahun 2009. Bidang ilmu yang dikompetisikan dalam On MIPA meliputi adalah Matematika, Kimia dan Fisika.

Proses seleksi terdiri dari tiga tahap. Tahap satu adalah seleksi untuk tingkat perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang menghasilkan tujuh mahasiswa terbaik. Kemudian tujuh mahasiswa tersebut berhak mengikuti seleksi tahap kedua yakni tingkat regional 6-7 April lalu di 12 tempat. Berhak mengikuti tahap III yakni tingkat Nasional. Pada tahap ini juga mengundang juara Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi tahun 2009 dan juara ON MIPA-PT tahun sebelumnya. Namun, Ahmad mengakui bahwa dirinya langsung mengikuti tahap III karena sebelumnya ia sudah pernah ikut kompetisi di tingkat internasional.

Seluruh peserta berasal dari berbagai wilaayah di Indonesia yakni Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darusalam, Sumatera Selaatan, Bengkulu, lampung, Jabotabek, Banten, Jawa Barat, DIY Yogyaakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Bali, Sulawesi, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Jambi, Kalimantan, Maluku dan Papua. Peserta olimpiade matematika sebanyak 548 dari keseluruhan jumlah peserta ON MIPA sebanyak 1.351. Antusias mahasiswa berkompetisi kian meningkat. Terbukti dengan jumlah peserta ON MIPA 2010 naik dibanding tahun 2009 sebesar 46 %.

Dalam seleksi tahap III ditentukan 60 pemenang. Terdiri dari 20 mahasiswa di masing-masing bidang. Khusus 20 mahasiswa pemenang bidang matematika akan dilakukan pembinaan selama satu bulan untuk menentukan 6 mahasiswa yang berhak mewakili Indonesia di International Mathematics Competition (IMC) XVII tanggal 25 - 30 Juli 2010 di Bulgaria nanti.

Tahun depan, Ahmad sudah lulus dari IT Telkom. Namun, hingga saat ini ia masih kecanduan berkompetisi. Ia belum tahu apa rencananya kedepan,

"Saya masih bingung jika lulus nanti. Apakah akan kembali ke Makasar, tanah kelahiran saya. Atau bekerja sebagai engineer, atau melanjutkan studi S2?,"

Namun ia berharap seandainya ada beasiswa melanjutkan kuliah ke luar negeri, ia tak akan menolak. Pun, ia menghimbau pada mahasiswa angkatan di bawahnya agar bisa meneruskan prestasinya dalam olimpiade matematika tingkat nasional.

Related Post:

2 comments :

  1. wah,... mantap mahasiswa telkom , bisa juara dalam kompetisi olimpiade nasional matimatika. bisa jadi contoh yang baik buat yang lainnnya.

    BalasHapus
  2. wahh, mantappzzz orang makassar, boleh minta soal-soal onMIPAnya, soalnya udah nyari-nyari tidak ketemu ?

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya sahabat. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.