Tim Institut Teknologi Telkom berhasil lolos final pada Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2010 Regional II. Kontes tersebut berlangsung di Pendopo Agung Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Sabtu (8/5). Lomba ini diikuti 33 tim yang terdiri dari mahasiswa PTN dan PTS. Disana, tim IT Telkom berhasil merebut juara II KRCI kategori battle dan berhak mengikuti babak final tingkat nasional di Malang, 19-20 Juni 2010 di Universitas Muhammadiyah Malang.

Lomba ini diikuti 33 PTN dan PTS dengan peserta 76 tim , 20 tim KRI dan 26 tim KRCI.Acara KRI dan KRCI 2010 dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf dan Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jendral Pendidikan tinggi Departement Pendidikan Nasional RI, Prof. Dr. Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo, M.Eng.

Dalam sambutannya Dede menyebutkan,

“Kemampuan mahasiswa terhadap robotika sangat bermanfaat. Ada tiga kategori yang terhitung dalam komponen kemajuan bangsa, yakni kultur tradisional, kultur industri dan kultur teknologi.Sedangkan Indonesia kini baru menapaki kultur Industri saat ini. Untuk itu, supaya Indonesia bisa mencapai kultur teknologi maka perlu diupayakan pengembangan-pengembangannya,”

Dede mengaku, kendala yang ada selama ini di bidang teknologi adalah kurangnya dana, sarana, dan prasarana. Ia berharap, pemanfaatan teknologi dapat diperluas di masyarakat di masa mendatang. Kepaada mahasiswa Jawa Barat ia berpesan agar dapat terus maju terdepan dengan prestasinya sehingga menjadi mahasiswa yang berdaya saing.

Senada Dede, elalui kompetisi ini Suryo berharap dapat member kontribusi positif dalam meningkatkan kreatifitas inovasi, aplikasi dunia nyata, budaya kompetisi, serta kemampuan teknologi.“KRI sudah dimulai sejak tahun 1994, sementara KRCI sejak 2005. Semoga kedepannya minat mahasiswa terhadap robotika semakin meningkat,” pungkasnya.

Related Post:

0 comments :

Posting Komentar

Silakan dikomentari ya sahabat. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.