Assalamualaikum wr.wb..
Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk mengulas permasalahan LDK(lembaga dakwah kampus) yang merupakan amanah bagi setiap aktifis dakwah kampus yang secara turun temurun Insya Allah tersalurkan. Para ikhwafillah yang tetap istiqomah dijalan Allah, pertama sekali saya tidak akan bercerita panjang lebar pada tulisan LDK I ini. saya akan mengulas LDK dari berbagai sumber setelah saya memberikan sebuah pengertian LDK kepada saudaraku sekalian karena tulisan ini akan terus bersambung sampai kita membahas tuntas masalah LDK ini.
ok.. kita langsung saja masuk pada pembahasan dasar LDK...

Lembaga Dakwah Kampus(LDK) adalah wadah pergerakkan bagi mahasiswa Islam untuk menghimpun segenap potensi dan kemampuan untuk ikut dalam dinamika dakwah Islam ke depan yang berdiri di atas dasar aqidah Islam. LDK berjuang untuk menghidupkan kembali Islam dalam medan kehidupan dengan ditgakkannya system Islam
Dakwah di Kampus tidak bisa dilepaskan dari peran LDK yang ada di setiap kampus perguruan tinggi di Indonesia saat ini. Masyarakat kampus sebagai objek utamanya dan mahasiswa merupakan unsure terpentingnya untuk mencapai tujuannya, adapun peran dakwah kampus adalah sebagai berikut:

1) LDK sebagai media pembinaan
2) LDK sebagai artikulator
3) LDK sebagai mediator
4) LDK sebagai Fasilitator

Ditinjau dari sosial kemasyarakatan, Mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan system yang mempunyai peranan penting dalam perubahan social di tengah-tengah masyarakat, sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan kelompok manusia yang mempunyai taraf berpikir di atas rata-rata sehingga posisinya sangat strategi dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat di masa depan. Perubahan masyarakat kearah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat. Oleh karena itu tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan mampu menyebar efektif di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat kampus.

Oleh karena itu, LDK merupakan lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam. Sedangkan Kampus merupakan inti kekuatan dan warga civitas akademika adalah objek utamanya.

Ok.. apakah saudaraku sudah paham dengan pengertian LDK diatas? kalau saudara membaca dengan dengan baik, Insya Allah saudara pasti paham.
saya akan kembali pada LDK II. Tunggu Tulisan selanjutnya..
(diambil dari berbagai sumber)

Related Post:

2 comments :

  1. ayo berjuang...
    kuatkan iman demi islam :-)
    http://faruqngabar.wordpress.com/2010/06/25/mukjizat-nya-turun-juga/

    BalasHapus
  2. paham kok
    yang nyelenggarain liqo'-;iqo' itu kan?

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya sahabat. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.