Memasuki tahun terakhir kuliah (semester 7), kami mahasiswa IT Telkom harus menghadapi yang namanya KP(Kerja praktek) pada bulan juni-agustus setelah kemarin harus menjalani masa geladi lapangan di PT Telkom.
Inilah perbedaan kami dengan kampus lain kalau bicara masalah kerja praktek. kalau di kampus saya sobb, kerja praktek itu dilaksanakan sebanyak 2 x. Yang pertama namanya GLADI dan yang kedua namanya KP. Terus apa bedanya??
Bedanya kalau GLADI kami di tempatkan di PT.Telkom. Tapi kalau KP kami sama seperti kampus lain, disuruh cari sendiri tu perusahaan, terserah kita mau dimana aja. :D
Alhamdullilah setelah cari kemana-mana, kami akhirnya diterima di PT.LEN.
Apa itu LEN??

LEN merupakan singkatan dari Lembaga Elektronika Nasional. PT.LEN ini merupakan BUMN dan perusahan yang lebih memfokuskan diri dalam keeletronikaan.
Jam Kerja praktek di perusahaan ini adalah pukul 07.00-16.30.
Pada hari pertama kami dikumpulkan di DIKLAT yaitu bagian pendidikan dan pelatihan. Siapa sangka sobbb ... saya baru temuin ni yang kayak ginian di sini. Ditempat PKL(Praktek kerja lapangan) saya.
Sebelum melaksanakan kerja praktek kami dikumpulkan di DIKLAT untuk mendengarkan sebuah siraman rohani dan motivasi. Kalau saya bilangnya ini adalah mentoring, soalnya kami dikumpulkan semua dengan seorang kepala DIKLAT yang berbicara didepan memberikan sebuah ceramah singkat dan motivasi buat kami semua.

Apa yang disampaikan dalam kelompok kecil(mentoring) tersebut??
kami mengkaji hadits2 yang ada di dalam kitab fadillah amal, walaupun banyak yang berbeda pemahaman kalau kitab tersebut terdapat hadits dho'if nya, tapi saya gk ambil susah/pusing karena dari semua yang disampaikan, saya lebih mengambil hikmahnya dan manfaat dalam menjalankan kehidupan di dunia.

Siapa sangkaaa....
masih ada perusahaan yang peduli dengan akhlak dan ilmu agama kepada peserta kerja praktek di perusahaan PT.LEN.

Mendengar cerita dari teman dekat saya yang di Medan, beliau adalah mahasiswa di USU(Universitas Sumatera Utara). Beliau bercerita bahwa di tempat kerja prakteknya banyak kejadian-kejadian aneh dan sangat kurang santun. Ini merupakan kejadian nyata, ada seorang wanita peserta kerja praktek di perusahaanya yang sering di gangguin atasannya/pegawai perusahaan tersebut, sampai-sampai berani sampai mencolek-colek wanita yang sedang kerja praktek itu. Masya Allah,..
Sangatlah tidak santun perbuatan yang dilakukan oleh orang tersebut.

Yaaa... singkat cerita, alhamdulillah hal tersebut dapat di minimalisir karena kata temen saya yang kerja praktek disana ada seorang peserta kerja praktek yang baru masuk, dan dia itu akhwat yang berjilbab panjang dan besar, kebetulan akhwat tersebut ditempatkan di bagian divisi dimana tempat bapak2 yang sering menggodai peserta kerja praktek wanita. Semenjak ada wanita yang berjilbaber tersebut, bapak yang sering menggodai peserta kerja praktek akhirnya tidak berani lagii menggodai peserta.
Ntahh karena di segan atau karena apa.. kurang jelas juga,,
yang penting si bapak gk mau lagi ganggu2.... :D

Pada intinya memang sangat sedikit sebuah perusahaan yang masih memegang pedoman dalam bersikap santun sesuai dengan yang diajarkan oleh agama.
Semoga kita yang mengerti akan hal ini, akan pentingnya ilmu agama yang diimplementasikan di kehidupan sehari-hari dapat merealisasikannya dan setidaknya dapat mengjak teman-teman sekitar ikut dalam kebaikkan yang kita lakukan serta mengamalkan ilmu agama. :D

Related Post:

2 comments :

Silakan dikomentari ya sahabat. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.