Asslamualaikumm..
Alhamdulillah Allah SWT masih memberi kesempatan untuk menyeselesaikan beberapa tutorial coba-coba ini.

Pada hari ini kita akan coba bahas mengenai Routing OSPF Pada Satu Area Network.
Apa itu Routing OSPF??

Sebelum itu kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu routing. Routing adalah istilah untuk sebuah device router yaitu meneruskan sebuah paket-paket data. Router berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network lainnya sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi.


Ada dua jenis konfigurasi routing yang sering digunakan, yaitu Routing Statis dan Routing Dinamis. Pada intinya routing statis digunakan untuk meneruskan paket data pada network yang sederhana (kecil) dan pada routing statis juga untuk peruteannya diatur oleh Network Admin.
Sedangkan pada router Dynamic digunakan untuk meneruskan paket data pada network yang besar dan pada routing dynamic juga menggunakan protokol routing yang dapat menentukan sendiri routenya berdasarkan situasi dan kondisi setiap saat.

Protokol routing OSPF termasuk jenis Routing Dynamis dan termasuk dalam kategori Link State. Untuk lebih jelasnya nanti akan kita bahas Bab khusus mengenai 2 kategori routing dynamis.

Sekarang kita akan membuat sebuah routing, dimana dalam konfigurasi ini seluruh router berada dalam satu area yaitu area 0.
Pertama kita buat dulu konfigurasi routernya seperti dibawah ini ( Disini kita memakai GN3):

setelah itu kita akan beri ip address di setiap device tersebut, sebelumnya kita harus nyalakan routernya lalu masukkan ip address:

Disini saya memberikan ip address pada router 1 di fastethernet 0/0 . Untuk router yang lain caranya sama, silahkan dilanjutkan sampai semua router memiliki ip address.
Setelah semua router diberi ip address, kita akan coba konfiguras router OSPF, caranya seperti dibawah ini:

diatas saya konfigurasi router 1 OSPF pada area 0. Untuk router yang lainnya caranya sama, silahkan lanjutkan sampai semua router terkonfigurasi OSPF.

Kalau sudah, kita akan coba ping router 1 ke router 6. Jika semua router sudah kita konfigurasi OSPF pada area 0 seharusnya jika kita ping maka akan sukses.
Berikut tampilannya jika routing berhasil:



Demikian mengenai routing Dinamis (OSPF).
Untuk pembahasa mengenai routing lainnya akan di bahas di post berikutnya.
Semoga bermanfaat.. :D

wasalamualaikumm.. ^_^

Related Post:

0 comments :

Posting Komentar

Silakan dikomentari ya sahabat. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.